Sabtu, 25 Februari 2012

Daftar Istilah Reservasi dan Ticketing

Beberapa istilah yang sering digunakan dalam bahasa ticketing contohnya adalah sebagai berikut;  

Abacus            : Abacus Dsitribution System adalah Global Distribution System (GDS) yang menyediakan
sistem reservasi bagi travel agent dan airlines.
Adult               : Penumpang yang sudah berusia 12tahun keatas
Airport Tax      : Pajak Bandara yang dibayar penumpang pada saat cetak ticket atau memasuki Bandara, disebut juga Airport Service Charge, Pasenger Service Charge (PSC)  
Airfare             : Harga tiket penerbangan
Arrival (Arr)    : Kedatangan
Bagasi              : Barang barang bawaan
Basic Fare       : Harga dasar sebelum ditambah pajak.
Booking          :  Pemesanan atau pembukauan, pemesanan yang dilakukan oleh penumpang untuk mendapatkan    kepastian
Cancell            : Pembatalan atas pemesanan.
Cancell Fee     : Biaya pembatalan atas pemesanan yang sudah dibuat.
Confirm ( HK) : Pemesanan yang sudah mendapat kepastian ( HK )
CHD               : Children ( anak-anak usia 02tahun-11 tahun )
CRS                : Computer Reservation System, Sistem Reservasi Komputer
Delay              : Keterlambatan keberangkatan atau kedatangan
Departure(Dep): Keberangkatan
Destination       : Kota Tujuan Akhir
Divert               : Mendarat di bandara yang bukan tujuan – dialihkan ke bandara lain
DOI                 : Date Of Issued  ( Tanggal Diterbitkan / Pencetakan  )
DOT                : Date Of Travel  ( Tanggal Perjalanan )
Endorsable       : Boleh ganti jadwal penerbangan ke maskapai lain.
E Ticket           : Ticket Electronic yang berisi data perjalanan penumpang suatu airlines, sudah ada no ticket dan bisa digunakn untuk chek in baik.
Extend             : Meperpanjang masa tinggal atau masa berlaku ticket.
FC                  : Fare Calculation, Perhitungan tarif.
Fixed Date       : Tidak boleh ganti tanggal.
Fixed Flight      : Tidak boleh ganti jadwal penerbangan dalam maskapai yang sama.
Go Show         : Penumpang yang datang ke bandara untuk terbang tidak sesui jadwal atau tidak punya ticket.
Go Show Fee  : Biaya yang dikenakan kapada penumpang yang goshow..
Issued              : Mencetak ticket.
INFT               : Infant ( Bayi usia maximal 23bulan )
Itinerary            : Rencana Perjalanan.
Landing           : Mendarat
NVB / NVA     : Not Valid Before / Not Valid After
Non Endorse    : Tidak boleh ganti jadwal penerbangan ke maskapai lain.
Non Extend      : Tidak bisa diperpanjang. biasanya berlaku untuk ticket promo.
Non Refund     : Tidak bisa diuangkan, biasanya berlaku untuk ticket promo.
Non Reroute    :  Tidak bisa ganti rute.
No Show          : Penumpang yang tidak datang ke bandara untuk terbang sesuai jadwal pesanan.
One Way          : Perjalaln sekali jalan
Open Jaw         : Perjalanan penerbangan yang didalam nya ada rute yg tidak menggukan penerbangan.
Origin                : Kota asal
PNR                 : Pasenger Name Record, atau diesebut kode booking yaitu rencana perjalan penumpang yang tercatat pada  CRS
Rebook            : Pembukuan ulang.
Reconfirm (RR) : Menegaskan atau memastikan kembali rencana pejalanan yang sudah di pesan.
Refund              : Menguangkan Kembali, refudn hanya bisa di proses untuk ticket yang masih berlaku.
Refundable        : Bisa diuangkan, biasanya berlaku untuk ticket harga normal
Refund Fee       : Biaya yang dibebankan pada saat menguangkan kembali ticket yang sudah di cetak.
Reissued           : Mengeluakan ulang ticket yang sudah dicetak kerena merubah jadwal perjalanan.
Reroute             : Merubah rute perjalanan
Reroute Fee      : Biaya yang dikenakan atas perubahan rute untuk ticket yang sudah dicetak.
Return               : Perjalan pergi pulang kembali ke kota awal.
Round The World: Perjalan penerbangan keliling dunia.
Take off              : Meninggalkan landasan
Time Limit         : Batas waktu pencetakan ticket
U M                  : Unaccompanied Minor, Penumpang pesawat terbang anak-anak yang melakukan penerbangan sendirian.
Void                  : Pembatalan ticket yang sudah di cetak, Void hanya bisa dilakukan pada hari yang sama dengan pencetakan ticket, kecuali ada ketentuan lain dari Airlines.
Void Fee           :  Biaya yang dibebankan atas ticket yang dibatalkan setelah di cetak.
Waiting List (WL): Pemesanan yang masuk ke daftar tunggu sebelum mendapat kepastian.
WCHR              : Wheelchair  ( kursi roda )


Nama dan kode CRS
1A           :  790 AMADEUS/AMADEUS MARKETING S.A. 
1B            : 776 ABACUS/ABACUS DISTRIBUTION SYSTEMS PTE. LTD
1G            : 773 GALILEO/GALILEO INTERNATIONAL INC




20 komentar:

  1. Open Date dalam ticketing artinya belum ada tanggal pembukuan, Open date tidak bisa untuk keberangkatan hanya berlaku untuk kepulangan dengan harga normal ( tidak belkatu ticket promo ), kecuali ada ketentuan dari Airline.

    BalasHapus
  2. kalau skolah singkat ticketing di yogyakarta ada tidak pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Jeng baru bisa jawab, persisnya ssya tidak tahu, tapi biasanya gabung dengan SMK Pariwisata ( SMIP )jurusan UPW ( Usaha Perjalanan Wisata )coba di cek biasanya mereka ada kerjasama kursus ticketing.
      Atau coba cek di link ini mudah mudahan merka masih buka: http://yogyakartacity.olx.co.id/reservasi-ticketing-iid-194065738

      Hapus
  3. pak nurhidayat,
    misalnya ada keterangan di airlines

    A. REBOOKING AFTER TKTNG PERMITTED WZ FEE USD 20 PER TKT FOR WHOLE TKT
    B. REISSUE FEE TO USD 15 PER TKT

    apakah pada saat pax ingin merubah tanggal, biaya rebooking dan reissue dikenakan keduanya? atau cukup biaya rebooking saja?
    selanjutnya yg apa membedakan antara rebooking, reissue, revalidate?

    terima kasih sebelumnya atas penjelasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melihat keterangan diatas maka dikenakan 2 kali fee ( REBOOK + REISSUE ) sebaiknya cek ke Airlinesnya.

      Rebooking akan mengakibatkan reissue atau revalidate
      Reissue sebagai akibat dari rebooking ticket promo ( rebook kena fee ), ganti rute, koreksi nama dan perubahan lainya.
      Revalidate sebagai akibat dari rebooking biasanya untuk ticket normal ( tidak kena rebook fee )

      Semoga membantu

      Hapus
  4. bagai mana cara saya mendapatkan sistem abacus...? Tnks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung, Silahkan menghubungi
      PT Abacus Distribution System Indonesia.
      Jl. MAMPANG PRAPATAN RAYA NO.93
      Jakarta Selatan
      DKI JAKARTA
      12790
      INDONESIA
      E-mail : marketing@abacus-ind.co.id
      Telephone: 021-27535399
      atau silahkan buka URL dibawah untuk mengetahui persyaratan Instal Sistem Abacus:
      http://www.abacus-ind.co.id/download/New%20Form%20Aplikasi%20%20Persyaratan%20Abacus.pdf

      Hapus
  5. maaf pak, tolong dong posting tentang galileo dekstop..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Intan, Terima kasih telah berkunjung,
      Tentang Galileo Desktop sya baru belajar, jadi belum bisa posting, Insya Allah nanti kalau sudah running kira-kira bulan Juni sesui Jadwal Garuda akan saya posting. Di tunggu ya, entrinya sudah saya sediakan di halaman Download dengan judul "Amadeus Basic entri for travel Agent "

      Hapus
  6. om D nurhidayat.. saya baru mau bekerja di salah satu tempat tour travel tp saya minim sekali tentang ticeting apa langkah2 yg harus say pelajari supaya saya bisa mengerjakan pekerjkaan saya mohon infonya sebelumnya terima kaish

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan selamat bergabung di Travel Agent khususnya Ticketing.
      Mas Ahmad, teruslah belajar step by step dari mulai Alphabet, tiga kode kota, dua kode Airlines, buka avaliable, book, pricing sampai ticketing, jangan takut salah.
      Semangat terus ya kita sama-sama belajar. Okay.

      Hapus
  7. Maaf pak apa kl mau usaha tiketing harus ngerti bhsa inggris ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung.
      Sebaiknya bisa bahasa ingris, mininmal pasif, kerena ketentuan ticket sampai saat ini masih banyak yang menggunakan bahasa inggris baik rute domestik apalagi rute internasional.

      Hapus
  8. Pak D nurhidayat. System Garuda menyediakan API ga untuk digunakan oleh system lain untuk pencarian jadwal penerbangan nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Razor, Terima kasih sudah berkunjung,
      Maaf saya tidak faham IT, jadi tuk sistem API saya tidak tahu.

      Hapus
  9. pak nur hidayat.untuk berkecimpung didunia ticketing saya harus daftarkan kemana ya pak?
    untuk standart modal awal untuk buka ticketing dengan nominal modal berapa ya pa?saya mau mulai usaha ini untuk disekeliling keluarga saya dulu pa,online dirumah.
    mhon dibantu pak untuk arahanya.terimakasih pa nurhidayat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Ahmad terima kasih sudah berkunjung,
      Untuk Mulai Usaha Travel Agent khusunya ticketing, saya tidak bisa kasih arahan ( Saya sendiri masih karyawan ).
      Namun begitu untuk usaha ticketing mulailah dari sub Agent ( Menjual produk-produk Agent baik dari satu Agent atau beberapa Agent dengan sistem profit sharing ).
      Setelah ada kemajuan baru urus surat-surat ijin usaha ke Dinas terkait ( Notaris, Dinas Pariwisata, Hukum dan Ham, Perindustrian dan Perdagangan dan Pemerintahan setempat ) untuk menjadi Agent.
      Bisa juga Mas Achmad membeli Travel Agent yang sudah ada / atau mau tutup

      Semoga Membantu

      Hapus
  10. salam kenal mas Nurhidayat.
    Sebelumnya perkenalkan nama saya Diko.hehe

    terimakasih ya mas, tulisan-tulisan sampaean seputar tiketing sangat bermanfaat sekali utk saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kembali kasih Mas Diko,
      Kita sama-sama belajar, tolong info kalo ada yg keliru atau ada yg kurang ya.

      Hapus