Sabtu, 22 Oktober 2011

Travsys Garuda


TravSyst ( Travel System ) adalah program sistem reservasi yang  digunakan Garuda  menggantikan ARGA berlaku efektif  tgl 01Nov2011
Syarat bisa menggunakan program ini harus sudah upgrade Abacus versi 4.9.2 atau lebih  dan sudah instal  Asyst. 

Berikut langkah-Langkah pertama kali masuk ke Travsyst Garuda
1. Klik icon Abacus
2. Setelah program Abacus terbuka Klik SGNMC atau  Local Services ( posisi kanan atas )





3. Klik Domestic System  Host
4. Masukan User ID ( User ID dari Abacus), User id no 1 biasanya untuk computer  master, Apabila mau cetak ticket maka Travsyst di  komputer  master harus login dan printer ticket di set default.









5. Masukan password
6. Klik sign in
7. Setelah masuk ke layar Travsyst kita harus sign in berdasarkan ID Arga masing - masing user.
Contoh entri  BSIB4012DY/AS (BSI:entri code, B:Area kerja B, 4012:Contoh password dari Garuda,    DY:  Inisial Ticketing, /: entri code, AS; Agent Sales
Dibawah ini adalah respon setelah Sign in di Area B

kalau mau sign in ke Area A maka  huruf  B di harus ganti A jadi BSIA4012DY/AS enter dan seterusnya sampai area E

8. Untuk bisa pricing maka kita harus tambah record locator dengan entri  A||JKT  ( dibaca Alfa endi endi JKT )
»A||JKT                                           
JKT STORED AS BOARDPOINT AND/OR POINT OF SALE<      

9. Terakhir agar ticket bisa  dicetak kita tambah addres printer dg entri  WT51
WT51
PRINTER ASSIGNMENTS FOR SET A212EB XVR      T51<
»                                                 

Note : Agar bisa print ticket dari sub computer   maka  komputer master harus sign in
Demikian  langkah langkah masuk ke Reservasi TravSyst Garuda.

Untuk masalah tcenical silahkan ke no   +62 21 2560 1668, +62 21 2560 1672, +62 21 2560 1673

Bila ada masalah atau ada cara lain silahkan berbagi di kolom komentar

18 komentar:

  1. maaf mas saya kan bru buka travel tpi sudah ada... user sama pass abacusnya, trus pass masuk ke travsys nya tulisannya 'cannot find a device' gitu terus mas..
    tolong ya mas...
    trims...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pake Link ini: http://182.23.64.20/ tapi harus pake internet Explorer ya
      Travsyst via Internet Explorer

      Hapus
  2. kalau pakai samsung tab android apa yang harus di install pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo di andro saya belum pernah coba ( belum punya ).
      coba buka link ini http://182.23.64.20/ bukanya pake Internet Explorer ya dan instal travsys dulu ya yandoang.hpage.com/get_file.php?id=1957154&vnr=919309

      Hapus
  3. bang emg org agent y? atau prnah digaruda? ato smpe skrg msh dgaruda? ato abang ini help desk garuda yakk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kerja di Agent bahasa kerennya jadi "Calo Ticket" tidak di Garuda jadi bukan helpdesk, hanya mindahin catatan saya selama jadi calo dari buku ke Blog.

      Hapus
  4. mas, saya lihat mas canggih bener dalam aplikasi abacus ini,
    saya mohon bantuan nya,

    saya ini newbie di dunia ticketing,
    apakah ada kemungkinan untuk saya untuk punya sistem abacus training atau travsys garuda sendiri secara offline yang tidak akan mengganggu reservasi sesungguh nya ?

    apakah mas punya ?
    kalo punya tolong info nya ya mas. saya butuh banget
    soal nya kalau belajar sendiri di travel takut salah2 .
    terutama kalau ingin reissue ticket.

    terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, bukan canggih hanya bisa karena terbiasa,
      Ada tapi bukan punya sendiri Abacus yg punya, jadi Training di Abacus saja, untuk pengguna Abacus free kok selama masih ada quota.
      Mas Putu tinggal di Bali kah? ada ko Abacus Denpasar.

      Hapus
  5. mas,,,kalau saya mau download software sistem reservasi garuda yang mas pake dari ama awalnya...mohon mas,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan download di linkdownload sub Link Program silahkan pilih mau Abacus atau Travsys, kalo Juragan sudah punya sign in dan paswod bisa langsung pake.

      Hapus
  6. mas nurhidayat,

    mas saya saat ini sebagai subagent dari salah satu travel.
    saya mempunyai keinginan memiliki agent sendiri...., nah apakah system yang harus saya miliki baik utk domestik ataupun international.yang berbasis B2B dan B2C.
    mohon dibantu ya mas
    mas bisa kirim ke sgngnurhadi@yahoo.com utk infonya
    thank
    sugeng nurhadi
    dari bali mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Mas Sugeng telah berkunjung, Maaf sebelumnya saya belum faham B2B dan B2C.
      Sistem reservasi yg saya gunakan saat ini adalah Abacus untuk Internasional didalamnya termasuk Travsys untuk domestik Garuda.
      Selain Abacus ada Galileo dan Amadeus untuk Internasional dan biasanya sudah satu paket dengan sistem Travsys untuk domestik Garuda.
      Sub agent biasanya sudah bisa menggunakan salah satu sistem tersebut tingal disesuaikan dengan kebutuhan.
      Apabila Mas Sugeng mau menggunakan Abacus di halaman download sudah ada link syarat dan ketentuan. Untuk CRS lainnya silahkan menghubungi CRS yang Mas Sugeng mau gunakan.
      Semoga membantu

      Hapus
  7. maaf mas, bantu di share, cara revalidate untuk tiket garuda Domestik yang memakai sistim travsys

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai saat ini Agent belum bisa revalidate ticket domestik di sistem Travsys, jadi harus langsung di counter Garuda terdekat. mudah mudahan kedepan Agent dapat otorisari tuk revalidate.

      Hapus
  8. mas,
    saya tidak bisa akses resv.abacus-ind.co.id padahal sebelumnya bisa (pakai IE 8)
    tapi sudah sejak 2 minggu yang lewat sudah tidak bisa lagi akses
    OS saya windows XP sp3

    mohon bantuan nya ya mas
    thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkujung.
      Di tempat saya juga sama tapi tidak sampai hitungan pekan, memang akhir - akhir ini sulit sekali akses ke Travsys, sepertinya waktu akses dibatasi koneksinya sebentar-sebentar log out.
      Kabar yang saya terima, Garuda mau ganti sistem lagi.

      Hapus
  9. mas, travsys saya suda tidak bisa masuk lagi lewat web :( apa ada settingan tambahan ya mas , susah sekarang mau booking garuda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba buka link ini via ie http://resv.abacus-ind.co.id/ dan login seperti biasa, kemudian sistem akan minta persetujuan klik saja allow apabila di komputer sudah terinstal travsyst maka sistem travsyst akan terbuka.

      Hapus